Laman

Tuesday 6 March 2012

Kebutuhan Manusia


A, RINGKASAN MATERI
1.   Kebutuhan Manusia
      a. Pengertian Kebutuhan
Kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia baik berupa barang/jasa sehingga manusia bisa mempertahankan kelangsungan hidupnya. Manusia memiliki kebutuhan yang sangat banyak bahkan tidak terbatas untuk bisa bertahan hidup.
      b. Macam-macam Kebutuhan
          Karena sifatnya tidak terbatas, kebutuhan dapat dibedakan menjadi :
          1)  Kebutuhan menurut intensitas kemanfaatan antara lain :
              a) Kebutuhan primer yakni kebutuhan pertama yang harus dipenuhi agar 
                  manusia dapat hidup layak. Apabila tidak terpenuhi maka manusia
                  hidupnya terancam.
                  Contoh : kebutuhan akan makana, pakaian, dan perumahan.
              b) Kebutuhan sekunder muncul setelah terpenuhinya kebutuhan primer. Kata                   sekunder berasal dari bahasa latin secundus yang artinya kedua. Orang                                   yang sudah memiliki rumah secara otomatis membutuhkan perabot.                                 Perabot bisa dikatakan sebagai kebutuhan sekunder.
              c) Kebutuhan tertier artinya kebutuhan ketiga atau tertius (latin). Kebutuhan                     ini bisa disebut sebagai kebutuhan kemewahan. Perlu dipahami, batas                                  kebutuhan primer, sekunder, tertier untuk setiap orang tidak sama,                                  tergantung kedudukan dan strata ekonomi orang tersebut.
          2)  Kebutuhan menurut sifat
              a) Kebutuhan jasmani
                  Kebutuhan ini terkait dengan badan kita, makan minum bergizi, pakaian,                      istirahat yang cukup. Itu semua agar kesehatan jasmani kita terjaga. Saat               ini sudah ada pusat kebugaran, salon, fenomena ini menunjukkan bahwa                      kebutuhan jasmani semakin diperhatikan.
              b) Kebutuhan rohani
                  Terpenuhinya kebutuhan jasmani belum menjamin kebahagiaan                          seseorang, masih dibutuhkan kebutuhan rohani, contohnya beribadah,                         rekreasi, membaca buku, menonton dan sebagainya.
          3)  Kebutuhan menurut waktu
              a) Kebutuhan sekarang yaitu kenutuhan yang tidak bisa ditunda                                        pemenuhannya dan harus segera terpenuhi. Misal : Orang yang mengalami                      kecelakaan, harus segera dibawa ke rumah sakit, tidak bisa ditunda karena                    bisa celaka.
              b) Kebutuhan yang akan datang artinya kebutuhan yang pemenuhannya                           dilakukan di kemudian hari. Untuk persiapan menghadapi kebutuhan pada                      waktu yang akan datang. Misalnya : menabung, membeli polis asuransi,                 dan sebagainya.
          4)  Kebutuhan menurut subjek
              a) Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang langsung berhubungan                               dengan perorangan. Misalnya : kebutuhan petani dengan kebutuhan dokter             itu berbeda. Yang satu butuh cangkul, yang satu butuh jarum suntik.
              b) Kebutuhan kolektif adalah kebutuhan yang diperlukan oleh sekelompok                       orang secara bersama-sama atau kebutuhan bersama. Misalnya : jalan                               raya, telepon umum.
          5)  Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan diantaranya adalah keadaan                     alam, peradapan, adat istiadat, agama dan kepercayaan.
2.  Benda Pemuas Kebutuhan
      a)  Jenis-jenis benda pemuas kebutuhan
          1) Menurut cara mendapatkannya, ada benda ekonomi, benda bebas.
          2) Menurut kegunaannya, ada benda konsumsi, benda produksi.
          3) Menurut hubungannya dengan benda lain, ada benda substitusi, ada benda                 komplementer.
      b)  Kegunaan benda pemuas kebutuhan, dapat digolongkan menjadi empa                         macam, yakni :
1)      Nilai guna bentuk
2)      Nilai guna tempat
3)      Nilai guna waktu
4)      Nilai guna kepemilikan
3.  Sumber-Sumber Ekonomi yang Langka dan Kebutuhan Manusia yang Tidak       Terbatas
a.       Pengertian Kelangkaan
      Istilah kelangkaan atau scarcity adalah keadaan tindak seimbang atau timbang antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas, dihadapkan pada sarana ekonomi yang terbatas. Kelangkaan dialami oleh setiap manusia, baik individu, keluarga, perusahaan, maupun masyarakat secara keseluruhan.
  1. Faktor-faktor Penyebab Kelangkaan
Hal-hal yang menyebabkan timbulnya kelangkaan antara lain :
1)      Terbatasnya sumber daya alam yang tersedia.
2)      Terbatasnya kemampuan manusia untuk mengolah dan merubah sumberdaya alam yang ada.
3)      Keserakahan manusia, mengakibatkan rusaknya barang-barang yang dimanfaatkan
4)      Meningkatnya kebutuhan manusia yang lebih cepat dari kemampuan manusia untuk menghasilkan atau menemukan sumber-sumber baru.
  1. Pengalokasian Sumber Daya Ekonomi
Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, barang-barang yang telah disediakan oleh alam pada umumnya harus diolah terlebih dahulu mendaji barang lain yang sesuai dengan kebutuhan manusia. Pada hakekatnya setiap usaha untuk menghasilkan atau mengolah barang tertentu menjadi barang lain yang lebih berguna disebut berproduksi, untuk itu diperlukan empat sumber daya produksi atau layak disebut faktor-faktor produksi, yakni sebagai berikut :


No comments:

Post a Comment