Laman

Monday 3 October 2011

Resensi Buku Non Fiksi


Judul Buku      : Remaja, Harapan, dan Tantangan
Pengarang       : Prof. Dr. Hj. Zakiah Daradjat
Penerbit           : CV. RUHAMA , Jakarta
Tahun Terbit    : 1994
Tebal Buku      : 96 Halaman

            Buku ini adalah buku remaja yang ke tiga, yang pernah ditulis oleh pengarang buku ini. Buku pertama berjudul Problema Remaja di Indonesia, yang terbit tahun 1979. Sebenarnya buku tersebut adalah terjemahan dari thesis dalam bahasa arab tahun 1959. Sedangkan buku ke dua berjudul Pembinaan Remaja, terbit tahun 1975, merupakan kumpulan dari beberapa makalah dari bahan ceramah yang disampaikan dalam berbagai kesempatan.
            Buku yang diberi judul Remaja, Harapan, dan Tantangan ini berisikan sub bab – sub bab yang mempermudah pambaca memahami isi buku dengan hanya melihat daftar isinya saja.
            Pada bab pertama buku ini dibicarakan pengertian tentang remaja, dari berbagai sudut pandan, sesuai dengan bidang ilmu, profesi, lingkungan, dan kepentingan yang menanganinya, dari segi psikologi, hukum, perundang-undangan, lingkungan tempat tinggal (desa atau kota), dan dari segi agama.
            Bab dua merupakan gambaran dari harapan, angan-angan atau cita-cita, di antaranya diuraikan faktor-faktor pertumbuhan fisik yang berjalan cepat sekali, sehingga remaja benar-benar mengalami perubahan diri dari kanak-kanak yang masih kecil tidak berdaya tumbuh menjadi besar seperti orang dewasa. Dijelaskan pula tentang perkembangan kecerdasan, yang menjadikannya mampu mengambil kesimpulan abstrak dari fakta yang ditemukannya. Hal tersebut mempengaruhi caranya menerima perlakuan orang tua, guru, dan masyarakat dewasa. Perkembangan sosial remaja meningkat dari acuh tak acuh kepada lingkungan menjadi sangat memperhatikan dan mencari teman. Perkembangan emosi remaja ditandai dengan berbagai konflik dan kontradiksi., sehingga terkenallah masa remaja itu dengan kegoncangan yang hampir menyerupai badai dan gelombang di laut. Perkembangan agama tidak luput dari berbagai bentuk dan nuansa yang bergerak dari sangat membutuhkan agama, sampai kepada kurang perhatian.
            Bab tiga menguraikan berbagai macam tantangan dan permasalahan yang menghadang remaj, di antaranya yang datang dari dalam dirinya yang sedang mengalami perubahan cepat pada segala aspeknya. Juga dapat diketahui faktor-faktor luar lingkungan yang ikut membesar masalah yang dihadapi remaja.
            Pada bab empat diuraikan cara pembinaan remaja dan cara penyelesaian masalahnya. Di mana antara lain diuraikan tentang pentingnya agama dalam pembinaan manusia, pembinaan dalam keluarga dan pernan sekolah dan guru dalam membantu remaja.
            Bab lima merupakan bab terakhir dari buku ini, memuat rusmusan singkat dari seluruh buku.
            Buku ini cocok untuk dibaca tidak hanya remaja saja, orang tua juga sebaiknya membaca buku ini agar mengetahui fase, masalah, dan kebingungan yang dihadapi para orang tua dalam menghadapi anaknya yang sudah remaja. Namun, seharusnya buku ini diperbaharui isinya agar sesuai dengan zaman sekarang, karena buku ini terbit pada beberapa belas tahun yang lalu. Hal ini disebabkan zaman sekarang para remaja, perilakunya berbeda dengan remaja zaman dahulu.  

No comments:

Post a Comment