Laman

Monday 11 April 2016

Cara mengobati gatal akibat Kupu Putih Kleper

tahu kupu kupu ini ?
kupu kupu ini muncul di saat padi akan panen dan sampai setelah panen. biasanya menyerang warga yang rumahnya berada di sebelah sawah. seperti rumah saya.
nah bagaimana cara mengobati gatal-gatal?
saya punya saran, ketika sudah terlanjur gatal-gatal, maka cara mengurangi gatal-gatal dan mengurangi bintik-bitnik akibat gatal tersebut,
siapkan minyak tanah dan siramkan lalu oles-oles pada bagian tubuh yang gatal secara merata secara rutin sampai bintik-bintik yang gatal tersebut hilang dan berkurang.
hal ini saya share kan sebab saya juga mengalaminya setiap kali sawah sebelah rumah saya panen. dan itu sangat mengganggu sekali. so.. selamat mencoba dan semoga cepet sembuh dan cepat pergi kupu-kupu penyebab gatal ini. amin. thank's

105 comments:

  1. Di sekitar rumah saya banyak sekali serangga jenis ini,apakah pemakaian minyak tanah untuk pengobatan gatal aman untuk anak2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba minum cetirizine HCL sama pritacort saya 2 hari minum ini buat ngilangin gatal dan radang...di kp saya Lg musim juga

      Delete
  2. Kurang rekomended kalau minyak tanah, cara paling aman pakai salep 88 untuk menghilangkan efek gatal dan mengobatinya, atau bisa juga menggunakan lidah buaya dicampur dengan daun mint.

    ReplyDelete
  3. Bener banget, ini kebetulan di kampungku lagi kemarau habis panen. Badanku gatel semua gara2 binatang Kaper ini. Konon ini binatang terbang atau diam sambil meninggalkan serbuk yg bikin gatel meski kitA gk memegang langsung.

    ReplyDelete
  4. Cara mengusir gimana kalau di dalam rumah

    ReplyDelete
  5. Bagaimana cara membasmi dari dalam rumah karena sudah sangat mengganggu didalam rumah sy serangga ini

    ReplyDelete
  6. Kalau pakai minyak kayu putih bisa gk ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya udh coba bu, tp gx mempan sama skali, mulai dr salicil smp caladin, minyak telon, minyak kayu putih dll

      Delete
  7. Minyak tanah mungkin juga bagus tapi kalau saya punya pengalaman dgn menggunakan lotion caladine. Harganya murah dan banyak dijual di apotek. Mungkin juga bisa digunakan utk anak2

    ReplyDelete
  8. Kalau kenak kupu putih obat yang ampuh apaan mbak

    ReplyDelete
  9. Beneran tiap ada yg panen padi di tempat tinggalku skrng banyak kupu kupu putih yg bikin gatal gatal aqu sih biasanya pake bedak herosin buat ngilangin gatalnya dan klu malem matiin lampu so itu kupu kupu demen banget sama sinar lampu ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyee sama,sekarang aja di rumah lagi banyak banget,,,😭😭😭

      Delete
    2. Sebenarnya sudah berapa tahun gak pernah ngrasain gatel Krn kupu ni.. krna rumah dibikin rapet gak ada lubang ventilasinya kcl jendela dibuka pas siang..tp malah suamiku bikin kandang kambing baru tingginya kaya menara sampai nyundul atap dapur dan melompong dikit akhirnya buat jalan tol kupu ni lagi dehh.. dan sekarang sedang merasakan gatel ni udah 3mingguan tak kunjung sembuh ðŸ˜Ū‍ðŸ’Ļ kasihan anak bayiku

      Delete
  10. Selain minyak tanah dan lidah buaya

    ReplyDelete
  11. Streeesss aku gara" kupu" ini, habis hancur badan kayak hbs kena cacar 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak coba pake freshcare yng strong warns merah. Di aku ampuh, apalagi gatal yg di telapak kaki. bahkan untuk anakku yg 3thun juga aku pakein itu kalo gatel tapi tipis2 ajaaa

      Delete
  12. Mitos atau fakta ya katanya ad sangkut pautnya kehadiran kupu" ini sama sarang burung walet, serius nanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum ada burung walet udah banyak dikampungku

      Delete
    2. Kan itu emang makananx walet. Dan walet itu penerbang terjauh pula. Kalo makananx ngumpul pasti dia dtg walaupun dr jauh

      Delete
  13. Iya niii anakku badannya pad merah semua gara* ni binatang

    ReplyDelete
  14. Aku g sengaja dan g sadar kena tuh binatang,smpy hancur pula ditangan,efeknya satu badan bentol merah kaya butiran merica,ud 2 mlm g bisa tdr gr"garukin badan😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku +anak2 mlh udah semingguan lebih.. sampai ngelupas kulite digaruk2..perih iya gatelpun masih tetap ada ðŸ˜Ū‍ðŸ’Ļ

      Delete
  15. Obat yg manjur apa ya..
    Kasian ankku baru lahir berapa Minggu badan usah merah2 gara2 binatang itu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bun pake minyak sayur sama kapur sirih seukuran kuku..taruh di botol ukuran kcil minyak sayur ukuran 2 sdm..di kocok buat olesan bayix itu aman bu ga panas karna sy juga ngalmin nih perng sm kaper..hawax pingn ngungsiðŸ˜Ē

      Delete
  16. apalagi kalo kena kulit bayi, susah ilang nya😑
    obat apa ya kak yg manjur buat ngilangin bentol²nya?

    ReplyDelete
  17. SMA aku udah 3 Minggu Iki gatal2 gara2 hewan utu

    ReplyDelete
  18. Iya tempat saya juga sama.ksian badan pada penuh luka bekas garukan.tapi.bener ya ada kaitannya sama sarang burung walet, sbb sudah habis masa panen kok masih ada ya kupu kupu ya..dan samping rumah juga da sarang burung walet mmang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau aku sih sarang burung walet ini kan baru beberapa tahun ini tapi kupu kupu putih sudah hadir sejak aku masih kecil tahun 80 an begitu jadi mungkin nggak ada kaitannya yah!!!🙏🙏🙏

      Delete
    2. Di semprot apapun dtang2 lg tuh kaper..saya pake cara kuno gaes..tutup panci ksih minyak sayur..sy timpukin ja tuh kaper pd nmpel ratusan biji.tp matix bulux aman g brtebaran..

      Delete
  19. Malam ini ga bisatudur gara2 hewan menyebalkan ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gk bisa tidur kuo keper sialan ini masuk di kamarku pula lgi ... mubgkin s aku gatel nih badanerbuknya byk di dlm kamar

      Delete
  20. Sudh 2 hari badan gatal" dan bentol" GK nyaman bnget 😭😭😭

    ReplyDelete
  21. iyaa istri aku juga nihh gbisaa tahan gatall karena hewan sialan itu

    ReplyDelete
  22. Sudah 5 hari bdnku gatal gatal karena kupu kupu putih ,tolong infonya dulu ,apa obatnya?

    ReplyDelete
  23. Ak sampai sabunan pakai Pasta gigi biar ilang gatelx tapi tetep aja gayel

    ReplyDelete
  24. Ak sampai mandi pakai pasta gigi biar agak reda gatelx

    ReplyDelete
  25. Obat buat hilangin gatelx apa yach kak??

    ReplyDelete
  26. Ini kupu" putih kapan hilangnya si ? Hrus nunggu brpa lama ? Biasanya panen brpa lama ? Esmosi bgt liat hewan satu ini sebadan penuh bentol" mana susah hilang lagi. Alhasil kgak bisa kluar klo badan kek gini mana dimuka pun pnuh bintik" ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. sma kya sya kak, bintik" ampe d muka d leher" jga, kaki sya jg hancur gra" kupu" putih, smpe ga pd klo klr😔

      Delete
  27. Replies
    1. Diapain mas handsanitaizer nya ?tolong bantu jawab dong

      Delete
    2. kalo saya d pake buat garukan handsanitizernya ..enak .. gatalnya pun ilang

      Delete
  28. Kasian.. bayi ku dan sekeluarga jg kena serbuk gatal yg dibdn kupu kupu sawah tuh.. satu keluarga kami gatal semua.. sibayi GX bisa tidur bentol dan kayak melepuh gtu seluruh bdn SMPK ke muka... Bingung bgt.. salap bnyk bgt UD dipkk..gmn yak.. hama tu ganggu skli.

    ReplyDelete
  29. Sama aku juga gatal2 semua badam karena kupuh2 putih. Obatnya apa yaj

    ReplyDelete
  30. minyak kayu putih dah abis 240ml kaga ilang" gatelnya malah menyebar dah seminggu gatel". ni kupu" masih ada aja. lagi nyoba pake lactacyd tp blm sembuh jg.pke obat ctm jg g mempan. harusnya pake apa yaa.😒. infonya donk

    ReplyDelete
  31. Anak ku yg masi 1 tahun jg kena, udh 2 mgg badan gatel2 gk ilang, tiap mlm gk bisa tidur, kira2 pake apa y buat ngilangin nya ?

    ReplyDelete
  32. Aku cari di warung dapet Herocyn , Alhamdulillah mendingan, enak bedaknya dingin... Dan agak sedikit berkurang gatelnya...

    ReplyDelete
  33. Gunakan daun bidara yang sudah kering lalu di blender sampai halus setelah itu kasih air secukupnya untuk dijadikan masker pada bagian tubuh yang gmterasa gatal,, semoga dapat membantu

    ReplyDelete
  34. Beri garam dicaampur air lalu balurkan kebagia yg bentol & gatal.. insyaallah berkurang gatalnya..

    ReplyDelete
  35. Badan saya gatal dan bintik merah gara gara kupu² itu
    Tolong kasi obat solusinya dong ka😌

    ReplyDelete
  36. malam ini ngerasain kya gini😭😭😭

    bayi ku juga kena

    ReplyDelete
  37. hari ini ngerasain kaya gini haduh

    ReplyDelete
  38. coba pake salep hydrocortison. banyak di jual d apotek

    ReplyDelete
  39. Saya sama anak" bapaknya juga kalau tyap panen juga sama badan habis kena garuk semua .. Ampe perih" bentol kecil"nya .. byasa pake hand sanitizer agak mendingan .. orang panen dapet berasnya laah saya dapet penyakit tyap org panen....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk sama BunðŸĪ­ mereka panen dpt berasnya kita dpt gatal"nya

      Delete
  40. Sekarang lagi di rasain sama aku.. gat gatel banget akibat kupu kupu putih.. badan smuanya udh penuh luka garukan...ðŸĨšðŸĨš

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saat ini di tahun 2022 saya juga merasakannya ..badan habis karena di garuk2 bahkan berdarah gitu..

      Delete
  41. Aku habis kena, critanya habis mandi pake handuk gak tau kalo ada keper putih nempel dihanduk. Setelah handuk di usap2 ke seluruh badan baru terasa gatel seluruh badan..... Rasanya bukan main tersiksa...

    ReplyDelete
  42. Saya dan istri juga sama banyak ini di belakang rumah dan emang serbuk dri kupu"nya ini bikin gatal kemana".....

    ReplyDelete
  43. Obat yg ampuh apa yaaa soalnya daerah saya juga begitu saya orang baru di sini baru Nemu kupu kupu gitu

    ReplyDelete
  44. Rumah saya 2 lantai, dan kupu2 ini plg bnyk d lantai atas, saya bersihin lantai atas, 1 minggu 1x krn banyak kupu2 ini, gak tahan saya gatel2

    ReplyDelete
  45. Selain minyak tanah apa ya..? Soalnya dsini gk ad mnyak tnah
    Org satu rumah gatal² smua smpe lecet ank² garuknyaðŸ˜Đ

    ReplyDelete
  46. Kupu kupu bajingan.....my God benci benerr guaa,serah lu lah PU kupu....lemess bestie

    ReplyDelete
  47. Yg kesini pasti yang udah terkena kupu² tsb

    ReplyDelete
  48. JD kaya budug tangan bentol2 di garuk lecet resiko rumah Deket sawah 😭

    ReplyDelete
  49. Saya juga sma,, mana mau lebaran, sampai ke muka" gatelnya

    ReplyDelete
  50. pake apa ya bingung

    ReplyDelete
  51. Inilah yang aku rasain sekarang..sumpah menyebalkan sekali..anak anak pada nangis suami banyak bertanya kupu kupunya dari mana kok bisa ada?🙄 aaahhh pokoknya stress

    ReplyDelete
  52. Kupu-kupu kntl

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya juga ngalamin sekarang

      Delete
  53. Apollo Slot Pg āļŦāļēāļāļ„ุāļ“āļ™ั้āļ™ āļ›āļĢāļēāļ–āļ™āļē āļžึāļ‡āļžāļ­āđƒāļˆ āļŦāļĢืāļ­āļĄั่āļ™āđƒāļˆ100 % āđƒāļ™āļāļēāļĢāļĨāļ‡āļ—ุāļ™ āļžีāļˆี āđ€āļĢāļēāļĄีāļ—āļēāļ‡āđ€āļĨืāļ­āļ āļĄāļēāļāļĄāļēāļĒ āļžāļĢ้āļ­āļĄāđ‚āļ›āļĢāđ‚āļĄāļŠั่āļ™āļ”ีāđ† āļˆāļēāļāļ—āļēāļ‡āđ€āļĢāļēāļĄāļēāļāļĄāļēāļĒ

    ReplyDelete
  54. āļŠāļĨ็āļ­āļ• āļ—āļ”āļĨāļ­āļ‡ āđ€āļĨ่āļ™ āļŸāļĢี āļŠāļĨ็āļ­āļ•āļžีāļˆี āļ‚āļ­āļ‡āđ€āļĢāļēāđ„āļ”้āļ—āļģāļāļēāļĢāļ„ิāļ”āļ„้āļ™ āļĢāļ§āļĄāļ—ั้āļ‡āļ›āļĢัāļšāļ›āļĢุāļ‡āļĢāļ°āļšāļš āļ›āļēāļ āļ—āļēāļ‡āđ€āļ‚้āļē āļŠāļĨ็āļ­āļ•PG SLOTāļ­āļ­āđ‚āļ•้ āļ—ี่āđ€āļ™้āļ™āļĒ้āļģāđāļšāļšāļ­ัāļ•āđ‚āļ™āļĄัāļ•ิ āļŠāļēāļĄāļēāļĢāļ–āļ—āļģāļĢāļēāļĒāļāļēāļĢāđ„āļ”้āļ”้āļ§āļĒāļ•ัāļ§āđ€āļ­āļ‡ āđ€āļĨ่āļ™āļœ่āļēāļ™āđ€āļ§็āļš pg

    ReplyDelete
  55. Mata sayah kena kupu kupu apah obat nyah ka

    ReplyDelete
  56. Selamat garuk-garuk yang masuk ke kesini, sambil garuk2 baca komennya ngakak, brapa hari ya gatalnya ilang?

    ReplyDelete
  57. Di sini gak nemu obatnya, cuman ngakak liat koment berbagi cerita dengan kupu kupu putih kecil dan gatal ini ðŸĪĢðŸĪĢ

    ReplyDelete
  58. bedak herocin dicampur autan, ampuh itu buat usir gatal

    ReplyDelete
  59. mandi pake mama lemon pencuci piring diresapin keseluruh bdan bru dibilas bersih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gatel nya d muka gimana? Ga tahan ini udh dua hari

      Delete
  60. saya biasany pake acyclovir

    ReplyDelete
  61. Nggak lepas sisir buat garukin

    ReplyDelete
  62. Bener" gk bisa tidur gegaruk trs gara" binatang biadab ini😭kasian anakku msih bayi gatel" juga

    ReplyDelete
  63. Di kp ku juga lagi musim. Biasanya kalau gatal gara2 itu kupu-kupu digosok bawang merah bagian yg gatal. p
    Pakai Aloe Vera jg cukup meredakan rasa gatal yg menganggu

    ReplyDelete
  64. Saya juga merasakan betapa bencinya dg hewan 1 ini, saya baru pindah ke rumah baru sekitar 1 tahunan,kebetulan rumah baru saya depannya persawahan, ya Allah Ampunnn setiap musim panen padi pasti seluruh
    anggota keluarga gatal gatal semua,paling gak tega liat anak anak kegagalan gara gara hewan satunini 😭

    ReplyDelete
  65. Hancur badan ku malam gak bisa tidur 😭

    ReplyDelete
  66. Kalau kita tinggal dekat persawaan otomatis binatang kupu2 putih banyak karena itu termasuk hama padi. Makanya klau habis panen banyak karena sdh tidak ada lagi tempatnya. Tapi kalau tidak tanam padi tidak ada kupu2 putih.

    ReplyDelete
  67. Sudarlin Maulana19 May 2023 at 08:38

    Tempat saya lagi panen padi jadi kupu2nya keluar semua... Sampai anak sy aki lihat kasihan kalau tidur nggaru2 karena gatal.

    ReplyDelete
  68. Gatal ny di sekujur tubuh...anak ku juga... Smpe pengen nangis😭😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. balurin handsitizer ke yg gatalnya .. cepet ilang juga kalo pake itu gatelnya .. trus lampu depan rumah jangan d nyalain selama musim kupu² ini mba .. soalnya saya udh 13tahun punya rumah depan sawah .. badan pun habiss .. bekas koreng semua

      Delete
    2. Coba dibilas pake air kalo terasa gatal,. Insyaallah berkurang gatalnya

      Delete
  69. Gampang obatnya cukup mndi aja pake sabun Lifebuoy hilang gatalnya

    ReplyDelete
  70. Jangan digaruk kalo gatal. Tempel pakai es batu . Pasti hilang gatalnya

    ReplyDelete
  71. Coba yg gatal2 kena kaper atau kupu2 ptih sawah, pakai resep ini:
    Bawang putih diparut, kasih air 150ml, sunlight 1 tetes. Aduk lalu saring di botol spray.
    Kalau kena kaper dan terasa gatal, semprot pakai larutan ini. Langsung ilang gatelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawang putihnya cukup setengah siung.
      Kalau belum sembuh juga, buat rendaman larutan bawang ptih yg banyak, nanti buat mandi sambil digosok pelan2 bagian yg gatal.
      Semoga bermanfaat

      Delete
  72. āļāļēāļ20āļĢัāļš100 pg āļĨ่āļēāļŠุāļ” āļāļēāļĢāļāļēāļāļ–āļ­āļ™āđƒāļ™āđ€āļāļĄāļŠāļĨ็āļ­āļ• PG SLOT āđ€āļ›็āļ™āļāļĢāļ°āļšāļ§āļ™āļāļēāļĢāļ—ี่āļ‡่āļēāļĒāļŠāļ°āļ”āļ§āļāļŠāļšāļēāļĒāļ—āļģāđƒāļŦ้āļœู้āđ€āļĨ่āļ™āļŠāļēāļĄāļēāļĢāļ–āđ€āļ‚้āļēāļĄāļēāđ€āļĨ่āļ™āđ€āļāļĄāđ„āļ”้āđ‚āļ”āļĒāđ„āļĄ่āļĄีāļ„āļ§āļēāļĄāļĒุ่āļ‡āļĒāļēāļāļĄāļēāļāļĄāļēāļĒ āļ™ี้āļ„ืāļ­āļ‚ั้āļ™āļ•āļ­āļ™āļ—ี่āļ—āļģāđƒāļŦ้āļāļēāļĢāļāļēāļāļ–āļ­āļ™āđƒāļ™ PG Slot

    ReplyDelete